Rabu, 29 Juni 2016

6. BUKTI FISIK STANDAR PENGELOLAAN

91. Sekolah / Madrasah telah merumuskan, menetapkan dan mensosialisasikan visi lembaga. Bukti fisik:91 Dokumen sosialisasi visi 2 kali/tahun (Notulen rapat penyusunan visi,rumusan visi,Notulen rapat sosialisasi Visi,surat undangan daftar hadir,Visi dipasang di tempat strategis yg mudah dibaca masyarakat) 92. Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga. Bukti fisik:92 Dokumen sosialisasi misi 2 kali/tahun (Notulen rapat penyusunan misi,rumusan misi,Notulen rapat sosialisasi misi,daftar hadir,Misi dipasang di tempat strategis yg mudah dibaca masyarakat) 93. Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga. Bukti fisik:93 Dokumen sosialisasi Tujuan 2 kali/tahun (Notulen rapat penyusunan tujuan,rumusan tujuan,Notulen rapat sosialisasi tujuan,daftar hadir,Tujuan dipasang di tempat strategis yg mudah dibaca masyarakat) 94. Sekolah / Madrasah memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan serta disosialisasikan. Bukti fisik:94 undangan sosialisasi, daftar hadir sosialisasi, surat penyampaian dokumen tertulis rencana kerja jangka menengah (empat tahunan), dan surat penyampaian dokumen tertulis rencana kerja tahunan. 95. Sekolah/Madrasah memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait. Bukti fisik:95 Ada 8 Dokumen :KTSP Dok. 1 dan 2,Kaldik,Struktur organisasi S/M,SK pembagian tugas guru dan Tendik,Peraturan akademik/KTSP dok.1,Tatib guru dan siswa,Kode etik S/M,dan RKAS/biaya oprasional 96. Sekolah / Madrasah memiliki struktur organisasi dengan kejelasan uraian tugas. Bukti fisik:96 Struktur organisasi S/M dan uraian tugas masing-masing anggota,serta dipajang didinding 97. Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan. Bukti fisik:97 Laporan pelaksanaan RKT/SPJ akhir tahun/Laporan Triwulan BOS 98. Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan kesiswaan Bukti fisik:98 Dokumen kegiatan kesiswaan:Layanan BK,Eskul ,Pembinaan prestasi unggulan,Pelacakan /daftar Alumni(Program,Foto,daftar hadir dll ) 99. Sekolah / Madrasah melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Bukti fisik:99 5 Dokumen pengembangan kurikulum dan pembelajaran yaitu:1.KTSP,2.Kaldik, 3.Prota, prosem, silabus,RPP,4.Penilaian (program evaluasi,daftar nilai,analisis hasil penialain,buku kumpulan soal, buku ulangan/ remedial/pengayaan), 5.Peraturan akademik. 100. Sekolah / Madrasah melaksanakan program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan. Bukti fisik:100 5 Dokumen pengembangan Pendidik dan Tendik yaitu:1.SK pembagian tugas,2.Keputusan pemberian penghargaan,3.Pengembangan profesi,4.Promosi dan penempatan,5.Muta (Jadwal,piagam dll) 101. Sekolah/Madrasah mengelola sarana dan prasarana pembelajaran. Bukti fisik:101 5 program pengembangan Sarpras yaitu:1.perencanaan ,pemenuhan,dan pendayagunaan,2.Evaluasi dan pemeliharaan,3.kelengkapan fasilitas kelas ,4.Skala prioritas,5.pemeliharaan fasilitas fisik dan peralatan 102. Sekolah/Madrasah mengelola pembiayaan pendidikan. Bukti fisik:102 5 program pengelolaan pembiayaan yaitu:RKM,RKT,RKAM,dan SPJ Laporan keuangan ,Pengiriman laporan ke Dinas 103. Sekolah / Madrasah melakukan kegiatan yang mengarah pada menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Bukti fisik:103 dokumen :Pelaksanaan tata tertib,kode etik , dll (Buku catatan pelaksanaan,dan dokumentasi ) 104. Sekolah / Madrasah melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan. Bukti fisik:104 4 dokumen : 1) Program kegiatan sekolah/madrasah yang melibatkan masyarakat 2) pelaksanaan program kegiatan; 3) bantuan tenaga dan material untuk pengadaan sarana dan prasarana;(Daftar Bantuan Masyarakat ) 4) MoU dengan lembaga lain (MoU /kesepakatan :Perusahaan,Bank,Dudi ) 105. Sekolah/Madrasah memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan. Bukti fisik:105 5 dokumen programpengawasan: 1. dokumen program pengawasan/Supervisi 2. dokumen Hasil pelaksanaan supervisi 3. Dukumen laporan hasil supervisi 4. Dukumen tindak lanjut hasil superisi 5. sosialisasi program.Program suvervisi(undangan,Daftar,Hadir) 106. Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan evaluasi diri. Bukti fisik:106 Laporan EDS tiap tahun 107. Sekolah / Madrasah melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan Bukti fisik:107 4Dokumen laporan evaluasi kinerja pendidik dan tendik /Penilaian kinerja guru: 1) kesesuaian penugasan dengan keahlian; 2) keseimbangan beban kerja; 3) kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas; ( SKP ) 4) pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan.(Penilaian Kinerja/DP3 ) 108. Sekolah/Madrasah mempersiapkan unsur-unsur pelaksanaan akreditasi. Bukti fisik:108 4 unsur akreditasi : 1. Dokumen pendukung akreditasi(instrumen dan juknis Akreditasi ) 2. SK Tim Akreditasi /Personal, 3. Buktu fisik non dokumen, 4. sarpras kaitan akreditasi 109. Kepala Sekolah/Madrasah melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) kepemimpinan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Bukti fisik:109 Buku agenda Kerja KS tentang pelaksanaan tupoksi KS: 1) menjabarkan visi ke dalam misi target mutu; 2) merumuskan tujuan dan target mutu yang akan dicapai; 3) menganalisis tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan sekolah/madrasah; 4) membuat rencana kerja strategis dan rencana kerja tahunan untuk pelaksanaan peningkatan mutu; 5) bertanggungjawab dalam membuat keputusan anggaran sekolah/madrasah; 6) melibatkan guru, komite sekolah dalam pengambilan keputusan penting sekolah/madrasah. Dalam hal sekolah/madrasah swasta, pengambilan keputusan tersebut harus melibatkan penyelenggara sekolah/madrasah;37/46 7) berkomunikasi untuk menciptakan dukungan intensif dari orang tua siswa dan masyarakat; 8) menjaga dan meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan menggunakan sistem pemberian penghargaan atas prestasi dan sangsi atas pelanggaran peraturan dan kode etik; 9) menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa; 10) bertanggungjawab atas perencanaan partisipatif mengenaipelaksanaan kurikulum; 11) melaksanakan dan merumuskan program supervisi, serta memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja sekolah/madrasah; 12) meningkatkan mutu pendidikan; 13) memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya; 14) memfasilitasi pengembangan, penyebarluasan, dan pelaksanaan visi pembelajaran yang dikomunikasikan dengan baik dan didukung oleh komunitas sekolah/madrasah; 15) membantu, membina, dan mempertahankan lingkungan sekolah/madrasah dan program pembelajaran yang kondusif bagi proses belajar siswa dan pertumbuhan profesional para guru dan tenaga kependidikan; 16) menjamin manajemen organisasi dan pengoperasian sumber daya sekolah/madrasah untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, sehat, efisien dan efektif; 17) menjalin kerja sama dengan orang tua siswa dan masyarakat dankomite sekolah/madrasah menanggapi kepentingan dan kebutuhan komunitas yang seragam, dan memobilisasi sumber daya masyarakat; 110. Sekolah / Madrasah memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung administrasi pendidikan. Bukti fisik:110 1.Petugas khusus ber-SK (operator,TAS,Bendahara )untuk menangani SIM (Sistem Informasi Manajemen). 2. Fasilitas penyebaran dan penerimaan informasi berupa Website,dokumen-dokumen,Foto-foto ,papan informasi,buletin,CD,buku tamu dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar