Selasa, 28 Juni 2016
3. BUKTI FISIK STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
30. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk memiliki kemampuan berpikir logis,
kritis,kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
Bukti fisik:30
a. RPP yang memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individual dalam bentuk
pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan
inovatif dalam pengambilan keputusan;( Methode yang digunakan )
b. Dokumen hasil tugas terstruktur secara kelompok atau individual (LKS,KKM di KTSP,leger
nilai semua guru ,dan raport 6 orang siswa yang diminta asesor secara acak )
31. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan rasa keingintahuan
yang tinggi dan menyadari potensinya.
Bukti fisik: 31
Dokumen kegiatan 75% siswa emanfaatkan fasilitas seperti: bahan ajar,buku teks, perpustakaan, laboratorium, dan internet. (daftar hadir siswa belajar di labor, perpustakaan, catatan kegiatan/penggunaan,hasil kegiatan photo kegiatan siswa di labor atau perpus ))
32. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan mengenali
gejala alam dan sosial.
Bukti fisik:32
Dokomen berupa:
1. RPP IPA dan IPS yang memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan
mengenali gejala alam dan sosial ,
2. kumpulan hasil diskusi siswa, kumpulan kliping, laporan kegiatan hasil analisis tentang
terjadinya gempa bumi, banjir, gejala sosial, pengangguran,laporan hasil pengamatan
33. Siswa memperoleh pengalaman belajar menggunakan informasi tentang
lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan
sumber belajar berupa; (1) bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan,
(4) laboratorium, dan (5) internet.
Bukti fisik: 33
Dokumen kegiatan yang diikuti 76% siswa mengunjungi seperti:perpustakaan,internet, museum,kebun raya,cagar budaya dll .(Daftar hadir,hasil laporan kegitan siswa,Dokumentasi dll
34. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kegemaran membaca
dan menulis.
Bukti fisik:34
semua guru dokumen RPPnya mencantumkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis, buku catatan siswa
35. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kecintaan dan
kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik.
Bukti fisik:35
semua guru dokumen RPPnya menunjukkan keterkaitan materi pembelajaran dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik. (Kumpulkan RPP yang materinya berkaitan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik)
36. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan untuk
melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.
Bukti fisik:36
Dokumen 4 kegiatan diikuti 76% siswa dalam:
pekan bahasa ,seni dan budaya, pentas seni, pameran lukisan, teater, latihan tari ,latihan musik ,membuat karya seni ,dll(,daftar hadir,laporankegiatan,dokumentasi,pengumuman)
37. Dalam satu tahun terakhir, siswa memperoleh pengalaman belajar untuk dapat mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku di lingkungannya.
Bukti fisik:37
Dokumen :Tata tertib,sosialisasi tatib,buku catatan pelanggaran,buku catatan pemberian saksi,catatan penyuluhan narkoba,buku absen dll.
38. Dalam setahun terakhir siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat
menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air
Indonesia.
Bukti fisik:38
Dokumen 1 tahun terakhir :diskusi tentang keberagaman budaya berbagai bangsa PHBN/I,PHBK,Pentas seni berbagai bangsa,bulan bahasa nasional dan internasional ,dll
39. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih,
sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
Bukti fisik:39
Dokumen kegiatan :kebersihan 5K,lomba sekolah sehat,pekan olah raga siswa,pembiasaan cuci tangan,praktik gosok gigi yang benar,program UKS,fotokegiatan kerja bakti,dll
40. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk dapat menjalankan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Bukti fisik:40
Dokumen kegiatan :pembiasaan memberi salam,berdoa,jamaah sholat dzuhur, PHBI ,dll (,Program,catatan,dokumen/foto)
41. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman agama,
bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
Bukti fisik:41
Dokumen kegiatan yang diikuti 90% siswa :PHBN/I,PHBK,Petunjukan seni,bulan bahasa, dll (,pengumuman,daftar hadir,catatan,dokumen)
42. Siswa memperoleh pengalaman belajar bekerjasama dalam kelompok,tolong-menolong
dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
Bukti fisik:42
Dokumen RPP yang memuat metode cooperatif learning
43. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Bukti fisik:43
Dokumen RPP yang memuat metode problem solving
44. Siswa memperoleh pengalaman belajar dalam berkomunikasi baik lisan maupun
tulisan.
Bukti fisik:44
Dokumen Kegiatan yg diikuti 90% :latihan ketrampilan menulis siswa,hasil portopolio siswa,buletin internal karya siswa,mading,hasil karya siswa yg mendapat penghargaan,latihan drama,daftar juara lomba pidato,laporan kunjungan ke industri/museum dll
45. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.
Bukti fisik:45
Dokumen hasil karya siswa yg memperoleh penghargaan : lomba ketrampilan menyimak,berbicara,membaca,menulis,dan berhitung (buku Catatan prestasi siswa , piagam/ piala)
46. Sekolah/Madrasah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan rata-rata hasil ujian
nasional sekolah
Bukti fisik:46
Dokumen rekap hasil UASBN/UAS 2 Tahun terakhir(Laporan UN/US)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar